Monday, December 14, 2015

Mengapa Orang yang Memiliki Darah Rendah Disarankan Untuk Makan Daging?


Tekanan darah rendah atau hipotensi merupakan penyakit yang tak kalah banyak dialami masyarakat hingga saat ini. Gejala yang paling umum dan sering dirasakan yaitu badan terasa letih, lesu dan lemah. Bahkan, banyak yang tidak bisa menahan kekuatan tubuhnya hingga pingsan.


Pada dasarnya, yang Anda butuhkan saat mengalami tekanan darah rendah adalah hemoglobin, yaitu protein yang mengandung Fe atau zat besi yang terdapat pada sel darah merah (erthrocit). Sel darah merah memiliki peran yang sangat penting, yaitu sebagai pengangkut oksigen di dalam tubuh. Bila sel darah merah berkurang jumlahnya, maka Anda dapat mengalami anemia, atau kekurangan darah.

Untuk menambah hemoglobin, ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi, salah satunya daging. Bahkan, daging terkenal mampu menambah darah dengan cepat dan efektif. Namun, Anda perlu tahu jenis daging apa yang paling tepat untuk dikonsumsi.

  • Daging merah, yaitu daging sapi, kambing dan kerbau. Daging merah kaya akan kandungan protein, zat besi, dan mineral. Zat besi berperan dalam meningkatkan hemoglobin dengan cepat. 
  • Daging dan hati ayam. Protein dalam daging ayam berguna untuk membangun sel, termasuk sel darah merah. Sedangkan hati ayam mengandung zat besi yang dapat menambah darah.
  • Ikan. Asam lemak omega-3, protein, karbohidrat dan zat besi terdapat pada ikan. Selain itu, ada pula vitamin B-12 yang mendukung pembentukan sel-sel darah. Hebatnya lagi, ikan termasuk makanan rendah kolesterol jahat yang dapat membahayakan tubuh.
  • Kerang. Daging kerang memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Selain itu, terdapat pula fosfor, kalium, seng, tembaga, dan selenium yang tentunya sangat efektif menambah sel-sel darah. Namun, pastikan Anda tidak mengalami alergi seafood.
Semoga bermanfaat.