Saturday, December 5, 2015

Anda Lagi program Hamil? PASTIKAN konsumsi 7 makanan kaya asam folat berikut ini!


Asam folat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan regenerasi sel. Beberapa studi menemukan bahwa kekurangan asam folat bahkan dapat menyebabkan masalah mental seperti depresi. Asam folat atau juga dikenal sebagai vitamin B9, dapat mencegah cacat janin, penyakit Alzheimer, dan beberapa jenis kanker. Nah, bagi Anda yang sedang menjalani program kehamilan atau mungkin sedang hamil, berikut adalah tujuh sumber asam folat yang bisa Anda konsumsi setiap hari.


1. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau merupakan salah satu sumber folat. Anda bisa menyantap berbagai jenis sayuran berdaun hijau seperti bayam dan selada untuk memenuhi kebutuhan asam folat harian Anda.

2. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sumber asam folat. Sebaiknya, Anda menyantap brokoli dalam keadaan mentah atau dikukus sebentar.

3. Buah sitrus

Banyak buah-buahan yang mengandung asam folat, tetapi buah sitrus berada di peringkat tertinggi. Buah sitrus merupakan sumber asam folat. Satu jeruk mengandung sekitar 50 mcg, dan segelas besar jus jeruk berisi lebih banyak asam folat. Buah kaya folat lainnya termasuk pepaya, jeruk, anggur, pisang, melon dan stroberi.

4. Alpukat

Alpukat menyediakan sekitar 22% dari kebutuhan asam folat harian Anda. Buah ini juga merupakan sumber asam lemak, vitamin K dan serat makanan.

5. Jagung

Jagung mengandung banyak asam folat. Jagung menyediakan hampir 20% dari kebutuhan asam folat harian Anda. Hindari membeli jagung dalam kaleng. Pilihlah jagung yang segar.

6. Seledri

Seledri umumnya dianggap sebagai makanan untuk menghilangkan batu ginjal, tetapi apakah Anda tahu jika itu juga merupakan sumber asam folat? Seledri menyediakan sekitar 8% dari kebutuhan asam folat harian Anda.

7. Wortel

Wortel menyediakan 5 persen dari kebutuhan asam folat harian Anda. Anda bisa makan wortel mentah sebagai camilan atau menambahkannya ke salad untuk memenuhi kebutuhan asam folat harian Anda.

Inilah tujuh sumber asam folat yang bisa Anda konsumsi setiap hari. Perbanyak makan makanan yang kaya asam folat untuk mempersiapkan kehamilan.