Sunday, December 13, 2015

JANGAN Sepelekan Stress! Bisa memicu Penyakit Seperti ini loh!


Kamu sering stress? Waspada! Stress itu bisa mengajak berbagai penyakit datang untuk bersemayam di tubuh kamu loh! jadi sebisa mungkin hindari deh sama mahluk yang namanya stress itu! Jangan sampai dia datang membawa kawan kawannya!

Meskipun Anda tidak dapat terbebas dari masalah stres 100 persen, tetapi Anda mampu mengurangi tingkat stres yang Anda miliki. Hal ini sangat penting, karena dampak stres yang tinggi sangat berpengaruh terhadap kualitas kehidupan Anda.


Stres memang menyebabkan banyak masalah kesehatan pada tubuh. Bahkan, jika Anda telah memiliki riwayat sebuah penyakit, maka stres dapat memperparah kondisi penyakit yang Anda miliki. Berikut beberapa penyakit yang diduga dapat timbul akibat masalah stres yang perlu Anda waspadai.

Sakit kepala

Stres dapat menyebabkan sakit kepala pada lokasi yang berbeda-beda. Kadang-kadang di seluruh bagian, ada juga yang hanya sebelah atau biasa disebut migrain. Stres disebut-sebut sebagai pemicu tersering sakit kepala.

Cemas dan depresi

Sebuah penelitian menunjukkan, orang yang beban pekerjaannya terlampau berat lebih berisiko mengalami depresi. Kondisi cemas dan depresi ini terkait dengan stres yang telah berlangsung dalam jangka waktu lama.

Sakit jantung

Orang yang mudah stres lebih berisiko mengalami tekanan darah tinggi dan masalah jantung. Stres emosional yang tiba-tiba juga dapat memicu serangan jantung. Ketika stres, jantung berdetak lebih cepat dan aliran darah meningkat. Kemungkinan lain, stres juga dapat meningkatkan kebiasaan merokok dan risiko obesitas, sehingga dapat meningkatkan juga risiko penyakit jantung.

Penuaan dini

Apakah wajah Anda terlihat lebih tua dari umur Anda? Stres memungkinkan hal itu dapat terjadi. Penelitian yang dilakukan menyebutkan bahwa, ada penyebab efek penuaan dini terkait dengan tingkat kromosom.

Diabetes

Stres yang berkepanjangan dapat menyebabkan penyakit diabetes. Setidaknya ada dua dampak stres pada penyakit diabetes. Pertama, stres dapat berakibat langsung pada penderita diabetes tipe 2, yaitu memicu naiknya kadar gula darah. Kedua, stres mungkin menjadikan penderita penyakit diabetes cenderung menyantap sembarang makanan yang pada akhirnya juga memicu naiknya gula darah.